Ayo Belajar Bahasa Indonesia!

Di dunia akademik, bahasa Indonesia mulai dilirik oleh kalangan dosen dan peneliti ilmu sosial setidaknya sejak pertengahan akhir tahun 1970-an. Seorang dosen senior ilmu politik, Wittaya Sucharitanarugsa, dari Chulalongkorn University, Bangkok, sampai harus belajar bahasa Indonesia secara intensif di Australia sebelum meneliti Indonesia.

Meningkatnya penutur bahasa Indonesia di kalangan asing, mestinya membawa kabar gembira bagi bangsa ini. Ya, setidaknya menjadi kado hari ulangtahun kemerdekaan Indonesia yang ke-63. Bangsa ini adalah bangsa yang besar dan mestinya bangga jika semakin banyak bangsa asing yang bersedia belajar bahasa Indonesia. Pembinaan Bahasa Indonesia yang cuma hadir di TVRI mungkin perlu juga ya ditayangkan di TV swasta.

Bertambahnya perguruan tinggi Thailand yang menawarkan pengajaran bahasa Indonesia mungkin bisa menjadi salah satu indikator meningkatnya minat orang Thai belajar bahasa Indonesia. Seperti yang dituturkan Prof Dr Didik Sulistyanto, atase pendidikan dan kebudayaan pada KBRI Bangkok. (read more)

Komentar

Posting populer

Tas Belanja dari Tali Rafia

Biaya Ibu Hamil Kira2 Berapa Ya?

MENGENAL PENYAKIT HERPES

Tas Belanja Tali Rafia bag I

7 Tips Untuk Mengurangi Kram Perut saat Haid