7 Langkah Untuk sehat di bulan puasa


1. Jangan lupa makan sahur.

Nabi Muhammad SAW amat menganjurkan kita hendaknya makan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa. Jika Anda khawatir terlambat sahur, jangan lupa nyalakan weker dan siapkan makanan siap saji di dalam kulkas, sehingga saat tiba makan sahur Anda tinggal menghangatkan saja. Mudah bukan?

2. Kurangi asupan makanan berlemak.

Ya benar, kurangi makanan berlemak, bukan menghilangkan sama sekali lho. Karena biasanya jika mengikuti "iftar" tradisional pastilah banyak yang mengandung santan dan lemak. Artinya Anda perlu mengurangi hidangan goreng-gorengan, berlemak dan terlampau manis.

3. Ikuti anjuran Nabi SAW tentang serba sepertiga.

Ini khususnya berlaku selama masa Ramadhan. Isi perut kita sepertiga dengan makanan, sepertiga dengan minuman atau cairan dan sepertiganya lagi dengan udara. Maklum kalau terlalu banyak makan dan minum, akibatnya saat tarawih tiba, kita mudah mengantuk dan lemas.

4. Banyak makan buah dan sayur agar tidak terjadi konstipasi.

Buah-buahan dan sayur-sayuran adalah cara yang amat jitu untuk menanggulangi masalah susah buang air (BAB) atau terjadi konstipasi. Jadikanlah kebiasaan makan buah saat berbuka, dan bukan dengan kue-kue manis atau kolak.

5. Jalan-jalan setelah iftar.

Maksudnya tentu saja bukan jalan-jalan ke mall atau ke cafe..tapi berjalan kaki menuju masjid untuk bersiap shalat tarawih gitu loh. Saat berjalan kaki dan menghirup udara segar membuat tubuh jadi segar dan tidak jadi mengantuk.

6. Yuk shalat tarawih

Nah, ini sama saja dengan mendekatkan diri kepada sang Khalik sambil bersilaturahmi mendekatkan diri kepada saudara dan tetangga yang selama ini jarang berjumpa. Selain tubuh fisik sehat, rohani juga ikut-ikutan sehat deh.

7. Tidur sebentar ngga dilarang kok!

Tidur sejenak sekitar 15 menit di sore hari bada Ashar akan menyegarkan kembali tubuh dan pikiran Anda. Jika biasanya di siang hari kita makan siang, maka ada baiknya setelah dhuhur, kita mengaji. Yakin deh..dalam sebulan penuh Ramadhan bacaan kita akan khatam. Masih tidka kuat menahan kantuk? Boleh cuci muka...tapi jangan terus minum airnya ya saat kumur.... terus lanjutkan lagingajinya.. pas abis shalat ashar istirahatkan tubuh dan pikiran. jika perlu pasang alarm di telpon seluler Anda.

Postingan ini memang telat..maafkan ya... Insya Allah kita semua iklhas menjalankan ibadah shaum dan mendapat keberkahan dariNya. amin

Komentar

Posting populer

Tas Belanja dari Tali Rafia

Biaya Ibu Hamil Kira2 Berapa Ya?

MENGENAL PENYAKIT HERPES

Tas Belanja Tali Rafia bag I

7 Tips Untuk Mengurangi Kram Perut saat Haid