HairSpray Menyebabkan Hypospadia, Kelainan pada Penis!

Ibu hamil berhati-hatilah jika memakai "hairspray" atau bekerja di salon kecantikan rambut yang biasanya akrab dengan bahan-bahan kimia rambut. Menurut hasil penelitian terakhir terungkap bahwa kandungan kimia (=phthalates) dari pengeras rambut ini dapat menyebabkan hypospadia pada anak yang dikandung.

Hypospadia adalah kelainan penis dimana lubang kencing tidak berada di ujung kepala tetapi di bawah, di batang, atau di antara buah zakar. Itu mengakibatkan penderita terpaksa jongkok ketika kencing.

Ibu hamil terancam risiko 2-3 kali lipat melahirkan bayi dengan kondisi hypospadia jika terpapar bahan kimia dari "hairspray" terutama pada trimester pertama kehamilannya. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal Environmental Health Perspectives, 21 Nopember 2008 lalu, terungkap bahwa 1 diantara 250 bayi di Inggris dan AS menderita hypospadia. Sedangkan di Indonesia kasus hypospadia ditemukan 1 dari 300 bayi laki-laki (data di Indonesia tahun 2007).Sedangkan di Belanda hypospadia temukan pada 3 dari 1000 bayi laki-laki.

Hypospadia tidak sebatas pada kondisi kelainan letak lubang kencing saja, atau bentuk penis bengkok dan kulit penis tidak lengkap. Selama ini dunia kedokteran menyoroti penyebab hypospadia lebih pada faktor genetik.Namun ternyata ada juga pengaruh bahan makanan dan obat.

Namun demikian, hypospadia bisa dicegah. Yang penting dalam masa kehamilan ibu
jangan makan makanan atau minum obat-obatan sembarangan tanpa mengetahui khasiatnya untuk kandungan.Juga tidak terpapar rokok dan minuman beralkohol.

Sebaiknya dalam kehamilan selama tiga bulan pertama juga menghindari paparan sinar-X pada kandungan karena berdampak buruk pada janin. Wanita hamil juga perlu mengonsumsi vitamin dan mineral terutama asam folat yang bermanfaat untuk pembentukan organ tubuh janin. Dijelaskan pula bahwa 36% kasus hypospadia dapat dicegah dengan memberikan asam folat yang cukup bagi si ibu.

Jika ada keluarga Anda yang menderita kelainan hypospadia sebaiknya operasi dilakukan ketika anak masih berusia 2-4 tahun. Dengan pertimbangan jika lebih dari usia itu, si anak akan minder di antara teman-teman sebayanya karena berbeda cara kencing.

Komentar

Linda mengatakan…
waduh bahaya banget ya bun....
bisa sampe segitunya....
btw makasih bun informasinya...^_^
Esha Garden mengatakan…
terima kasih informasinya, musti hati-hati an menjauh kalau istri pakai hairspray nih
Anonim mengatakan…
@ linda : makasih dengan kunjungannya. smoga ga jera untuk sowan lagi ya

@ Esha flora : bukan jauh2 dari istri mas, tapi harap perhatikan saat istri sedang hamil harus menghindari pemakaian hairspray gitu lho...matur nuwun
Think and Change mengatakan…
Assalamualaikum...
Bun, kira2 operasi hypospadia abis berapa?
terima kasih sebelumnya...
Anonim mengatakan…
@ Just Think and Change :
wa alaikum salam...
yang saya dengar utk satu kali operasi saja bisa sampai Rp 7 juta, tergantung dari kondisi pasien tentunya mas... untuk lebih jelasnya silakan hubungi saja ke RSCM. terimakasih.
mohon maaf jika jawaban saya kurang memuaskan

Posting populer

Tas Belanja dari Tali Rafia

Biaya Ibu Hamil Kira2 Berapa Ya?

MENGENAL PENYAKIT HERPES

Tas Belanja Tali Rafia bag I

7 Tips Untuk Mengurangi Kram Perut saat Haid