Pregnant or Not? How do I Know...

Untuk mengetahui apakah Anda saat ini sedang hamil atau tidak, gunakan saja cara yang paling mudah yaitu dengan alat yang disebut Pregnancy Test. Memakai alat tes ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan menaruh tetesan urin ataupun di klinik dengan cara tes yang sama memakai urin atau disertai juga dengan tes darah.

Semua alat Pregnancy Test didasar pada kemampuan untuk mendeteksi adanya hormon hCG (human chorionic gonadotrophin) yang hanya akan muncul saat seorang wanita positif hamil.
Hormon ini hadir karena adanya sel telur yang berhasil mengalami pembuahan dari sperma yang subur. Perkembangannya begitu cepat pada masa-masa awal kehamilan. Ia bekerja untuk mendukung hormon progesterone, yaitu jenis hormon yang harus ada untuk memelihara berlangsungnya suatu kehamilan.
Sebagian besar alat tes kehamilan dipakai untuk kehadiran menstruasi yang telat waktu. Jika seorang wanita mengalami menstruasi yang teratur setiap bulannya, alat test ini sangat bisa diandalkan.
Alat ini dapat menunjukkan apakah Anda positif hamil atau negatif. Biasanya efektif sebagai alat mendeteksi kira-kira dua minggu setelah terjadinya pembuahan (bertemunya sel telur dengan sperma).
Semua produk Pregnancy Test yang bisa dipakai pribadi mengklaim bahwa alat itu akurat sampai 97%-99%. Namun sensitifitas alat-alat test ini tergantung pula pada tingkat hCG yang berada dalam urin untuk menentukan hasilnya positif ataukah negatif.
Kadangkala hasilnya negatif jika alat test ini digunakan terlalu dini karena bisa jadi belum cukup jumlah hCG dalam urin yang menunjukkan hasil tes positif. Jika Anda yakin hamil meski hasil dengan alat tes masih juga menunjukkan negatif, maka sebaiknya lakukan kontrol ke dokter obgyn dan melakukan tes lebih lanjut dengan pemeriksaan tes darah. Sebab dengan tes darah, keberadaan hCG lebih mudah terdeteksi dengan nyata ketimbang hanya melalui tes urin saja. Bahkan dengan tes yang terakhir ini, keterlambatan haid diserta proses ovulasi seminggu saja sudah dapat diketahui akurasi positifnya.
Dokter kemudian akan meneliti melalui tes darah tersebut dengan cara mengevaluasi perkembangan kehamilan Anda. Deteksi dini ini juga amat bermanfaat untuk mengetahui secara dini apakah kondisi janin Anda kelak ada masalah atau baik-baik saja. Dalam kasus yang langka, tumor dan kondisi lain dapat dilihat melalui jumlah hCG dan dengan begitu dokter akan dapat menentukan langkah lebih lanjut yang mesti ditempuh untuk kesehatan Anda.
Hanya saja yang perlu diketahui ada obat-obatan tertentu yang mengandung hCG yang akan mengakibatkan hasil tes jadi keliru.

Sumber : webmd.com



Komentar

Posting populer

Tas Belanja dari Tali Rafia

Biaya Ibu Hamil Kira2 Berapa Ya?

MENGENAL PENYAKIT HERPES

Tas Belanja Tali Rafia bag I

7 Tips Untuk Mengurangi Kram Perut saat Haid