PILAH PILIH PEMANIS PENGGANTI GULA

Hidangan gurih, sarat kalori dan banyak mengandung pemanis masih banyak tersaji setiap kali bersilaturahmi pada kerabat dan handai taulan.Padahal selama sebulan berpuasa, saya yakin banyak di antara kita juga berusaha mati-matian untuk mengurangi kalori. Harapannya agar usai ramadhan bisa merayakan hari Kemenangan dengan tubuh lebih langsing dan oke kan.
Baiknya baca artikel bagus PEMANIS PENGGANTI GULA
Nah ditengah sulitnya menghindari godaan makanan lezat yang sarat kalori dan pemanis yang mengancam berat tubuh dan kesehatan (khususnya bagi Anda yang menderita diabetes), simaklah paparan berikut ini. Info ini saya peroleh dari email teman di komunitas organicfood.
Banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula selain merusak gigi, juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh, mengganggu kadar gula dalam darah serta dapat megakibatkan hadirnya infeksi akibat jamur (candida). Jika Anda tergolong yang ingin menjaga lenagsingan tubuh, maka pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah, kentang atau wholemeal pasta. Gula yang biasa kita konsumsi sehari-hari bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Jadi kita harus bijak dalam pilah pilih pemanis yang bisa membuat hidup kita tetap nyaman tanpa harus khawatir berat badan bertambah atau diabetes mendadak kambuh.
Stevia yaitu tanaman perdu yang memiliki tingkat kemanisan 300 kali lipat dari gula biasa dan nilainya nol kalori. Selain aman bagi gigi dan gusi juga dijamin tidak membuat Anda gemuk.
Butiran Fructo-oligosaccharides (FOS) adalah pemanis pengganti gula dengan kalori rendah. FOS menstimulasi bacteri bifida dalam lambung, yang mampu melumpuhkan infeksi pada usus dan lambung serta menghindarkan kita dari keracunan makanan.
Sirup Barley sama manisnya dengan gula biasa dengan kalori yang sama dengan gula namun tidak sampai membuat kadar gula darah mendadak naik. Bahkan mengandung vitamin B dan mineral yang dibutuhkan tubuh.
Sirup Maple yang manis dan nikmat, dengan kadar kalori separuh dari gula biasa. Sedikit mengandung vitamin dan mineral. terbuat dari getah tanaman maple dan sudah dikenal sejak lebih dari 40 tahun silam.
Madu juga kalorinya lebih rendah dari gula biasa, namun manisnya bisa lebih manis dair gula biasa. Didalamnya juga terkandung antbiotik, khususnya madu manuka yang berasal dari pollen (inti saribunga) pohon teh. Molase Blackstrap adalah hasil dari refineri gula biasa. Sangat banyak mengandung zat besi dan rendah kalori. Namun tingkat kemanisannya sama sama dengan gula.
Konsentrat buah-buahan yang matang, kalorinya lebih rendah dari gula biasa dan meningkatkan kadar gula dalam darah dengan perlahan. Anda dapat membuat konsentrat buah-buahan sesuai dengan musim buahnya khususnya dari buah-buahan yang berasal dari pertanian dengan cara organik (bebas dari bahan kimia atau pestisida).
Amazake adalah fermentasi dari beras dengan kalori yang amat rendah. Biasanya ditemukan dalam makanan tradisional Jepang dan sangat kaya vitamin B.
Fruktosa dipasarkan sebagai pemanis pengganti gula biasa namun kenyataannya bahan ini diolah dari industri glukosa. Kalorinya sama dengan gula biasa namun tidak meningkatkan kadar gula dalam darah secara drastis.
Glukosa lebih banyak kalorinya daripada gula biasa dan amat cepat meningkatkan kadar gula dalam darah . Karena itulah Glukosa dianggap tidak aman secara kesehatan.

sumber : ysanne

Komentar

Posting populer

Tas Belanja dari Tali Rafia

Biaya Ibu Hamil Kira2 Berapa Ya?

MENGENAL PENYAKIT HERPES

Tas Belanja Tali Rafia bag I

7 Tips Untuk Mengurangi Kram Perut saat Haid