Tak Kenal Maka Tak Sayang

Sukuk adalah istilah dari bahasa Arab yang bisa berarti obligasi berdasarkan prinsip syariah. Sukuk dapat pula diartikan dengan Efek Syariah berupa sertifikat atau bukti kepemilikan yang bernilai sama dan mewakili bagian penyertaan yang tidak terpisahkan atau tidak terbagi atas:
1. kepemilikan aset berwujud tertentu;
2. nilai manfaat dan jasa atas aset proyek tertentu atau aktivitas investasi tertentu; atau
3. kepemilikan atas aset proyek tertentu atau aktivitas investasi tertentu.
Situs Arabian business menyebutkan, meski tahun 2008 mengalami perlambatan, sampai tahun ini, surat obligasi negara syariah mengalami perkembangan yang cukup pesat di pasar surat berharga di seluruh dunia.
Nilai sukuk meningkat dua kali lipat setiap tahunnya sejak tahun 2004. Pada akhir tahun 2007, nilai sukuk bahkan mencapai 90 milyar dollar di seluruh dunia dan posisinya sebagai pilar penting dari sistem keuangan Islami tidak perlu diragukan lagi.
Harus diakui sejak terjadi krisis finansial yang mendunia, belakangan perusahaan-perusahaan Barat banyak yang ingin menyelamatkan dananya dengan menoleh pada sukuk sebagai alternatif pembiayaan.
Para analis keuangan sudah banyak yang mengakui bahwa industri keuangan Islami menerapkan sistem yang berbeda yang membuat resikonya relatif kecil. Meski ada juga sejumlah analis yang meragukan keamanan sistem keuangan berbasis syariah. Mereka mengatakan, para komentator terlalu bersemangat menjual keunggulan sistem keuangan Islami sebagai produk yang aman.
Seperti yang dikutip dari eramuslim.com, di tengah krisis keuangan global, industri keuangan syariah malah mengalami pertumbuhan sebesar 1 triliun dollar dan dipekirakan akan terus berkembang meliputi investor-investor non-Muslim. Pada saat bank-bank konvensional di seluruh dunia bangkrut atau merugi hingga lebih dari 400 milyar dollar akibat krisis di sektor kreditnya, industri perbankan syariah menunjukkan kebalikannya.
Nampaknya pihak pemerintah sudah saatnya lebih "menekuni" untung ruginya memiliki obligasi yang Islami.
Jangan sampai ketinggalan gerbong kereta ekonomi syariah yang kini mulai banyak dilirik pihak Barat. Ibarat kata bagaimana mau memakai sistem syariah, kenal saja tidak. Meskipun sudah mulai ada beberapa bank yang memakai label IB (Islamic Banking) selain Bank Muamalat, namun pertumbuhannya di tanah air memang masih amat lamban.
[info syariah]

Komentar

Posting populer

Tas Belanja dari Tali Rafia

Biaya Ibu Hamil Kira2 Berapa Ya?

MENGENAL PENYAKIT HERPES

Tas Belanja Tali Rafia bag I

7 Tips Untuk Mengurangi Kram Perut saat Haid