Mengenal Berbagai alat Kontrasepsi

Kontrasepsi adalah suatu cara atau alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Umumnya alat kontrasepsi ini bermanfaat untuk mencegah bertemunya sel telur dengan sperma dlam rahim. Yuk..cari tahu apa saja sih alat2 KB yang bisa dipilih

Pessarium (diafragma dan Carnival cap)
Alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam lubang vagina dengan cara ditekuk dan disisipkan ke dalam lubang vagina. karena elastis, tidak terlalu sulit untuk memakainya. alat ini bekerja menutupi mulut rahim. karena mengandung jelly spermisida, maka kemungkinan sperma tak mampu bertahan hidup. Diafragma dan carnival cap harus berada di dalam vagina sedikitnya 6 jam setelah anda berhubungan seks. Carnival cap ukurannya lebihkecil dari diafragma tapi di Indonesia jarang sekali memakai alat kontrasepsi jenis ini.

IUD
Alat kontrasepsi yang dipasang didalam rahim ini berfungsi mencegah terjadinya pertemuan sperma dengan sel telur. Lebih dikenal dengan sebutan spiral dan Copper T. Pemasangan Alat KontrasepsiDalam Rahim (AKDR) ini akan lebih mudah jika anda sedang menstruasi. AKDR berupa spiral atau pun copper T dapat bertahan selama 3-5 tahun. Hanya saja untuk jenis Copper T atau IUD, perdarahan pada saat menstruasi jumlahnya lebih banyak dan durasinya lebih lama.

Kondom
Berfungsi menampung sperma agar tidak lolos dan bertemu dengan sel telur. Termasuk alat KB yang cukup efektif, namun pihak pria yang memakainya mengeluhkan kurang dapat menikmati hubungan seks. Namun alat ini cocok sekali bagi pasangan yang sulit menentukan masa subur pasangannya. Kegagalan KB kebanyakan karena kaum lelaki malas untuk memakainya.

Spermisida
Orang juga sering menyebutnya tissue KB. Bentuknya bisa berupa jelly ataupun tissue yang akan mencair seketika dimasukkan ke dalam vagina. Namun kelemahan dari alat KB ini adalah harus menunggu 10-15 menit barulah anda bisa berhubungan seks. Banyak juga yangtidak mengerti bagaimana efektifitas pemakaian tissue KB ini. karena itulah spermisida ini juga kurang populer dibanding IUD, suntik KB, maupun kondom.

(berlanjut....)

Komentar

Posting populer

Tas Belanja dari Tali Rafia

Biaya Ibu Hamil Kira2 Berapa Ya?

MENGENAL PENYAKIT HERPES

Tas Belanja Tali Rafia bag I

7 Tips Untuk Mengurangi Kram Perut saat Haid