Toilet Lembab, Pemicu Kanker Serviks

Tahukah anda, diam-diam kanker serviks di Indonesia kini sudah menjadi pembunuh nomor wahid dibandingkan dengan kanker payudara atau penyakit jantung yang menimpa kaum ibu.
Setidaknya diperkirakan 20 perempuan meninggal setiap hari akibat penyakit yang menyerang vagina ini. Biang kerok dari semua ini ternyata virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV).

Berdasarkan fakta terakhir yang berhasil terungkap, HPV tak hanya dapat ditularkan melalui kontak kelamin saja. Virus penyakit ganas ini mampu menulari wanita lain melalui bibir kloset yang tidak higinis. Penjelasan ini disampaikan Dr.dr. Andrijono,Sp.O.G (K) dalam acara peluncuran Vaksin HPV di Grand Indonesia beberapa waktu lalu.

Kondisi toilet yang lembab dan jarang dibersihkan menjadi lahan subur bagi virus mematikan ini. Dengan mudah virus HPV berkembang biak sangat cepat dalam kondisi basah. Apalagi suhu kelembapan di Indonesia memang cukup tinggi. Selain itu, cara hidup bersih di sebagian masyarakat Indonesia boleh dibilang masih cukup memprihatinkan. Coba saja jika anda mencoba buang hajat di WC umum, wahhh..jauh dari layak. Apalagi budaya masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan jamban atau toilet kering.

Nah untuk anda yang sudah tahu ancaman HPV, mulailah lebih rajin memperhatikan kebersihan toilet. termasuk di rumah sendiri juga lho!

Komentar

Posting populer

Tas Belanja dari Tali Rafia

Biaya Ibu Hamil Kira2 Berapa Ya?

MENGENAL PENYAKIT HERPES

Tas Belanja Tali Rafia bag I

7 Tips Untuk Mengurangi Kram Perut saat Haid