Sarapan Sehat : Cara Terbaik memulai hari Anda

Mulailah hari anda dengan sarapan bermutu. Berikut beberapa tips yang dapat anda ikuti dari Mayo Clinic (http:www.mayoclinic.com).
Sarapan bermutu pastilah menyehatkan dan menjadi energi tubuh anda untuk memulai hari ini dengan stamina lebih baik. Jadi jangan sepelekan sarapan. Pilihlah menu yang menyehatkan yang sesuai dengan selera dan gaya hidup anda, dan jadikan sebagai kebiasaan anda membuka hari yang lebih bugar dan ceria

Manfaat Sarapan Sehat

Sarapan bukan hanya sekadar mengkonsumsi makanan, tapi harus dipandang sebagai dasar kesehatan yang lebih baik untuk jangka panjang. Tahukah anda, dari riset yang dilakukan Mayo Clinic, mereka yang membiasakan sarapan di pagi hari ternyata :

  • mengkonsumsi lebih banyak vitamin dan mineral esensial
  • lebih baik saat berkonsentrasi dan produktifitas lebih baik sepanjang pagi
    mampu mengontrol berat badan
  • tingkat kolesterol dalam tubuhnya lebih rendah, sehingga mengurangi ancaman penyakit jantung

Sarapan pagi secara khusus penting sekali untuk anak-anak dan orang dewasa yang aktif bekerja. Menurut American Dietetic Association, anak-anak yang terbiasa sarapan sehat maka hasilnya mereka jauh lebih baik saat harus konsentrasi dalam pelajaran, mampu memecahkan masalah lebih baik, koordinasi tangan dan mata juga lebih baik. Selain itu terbukti mereka juga lebih tinggi tingkat kewaspadaannya, lebih kreatif dan selalu bersemangat saat berangkat sekolah.

Pilihan terbaik untuk sarapan yang menyehatkan

Sarapan yang sehat harus bervariasi dan terdiri dari karbohidrat seperti nasi, kentang, roti, ditambah susu atau protein rendah lemak dan buah-buahan. Gabungan kesemuanya ini mengandung karbohidrat kompleks, protein dengan sedikit lemak, sebagai kombinasi yang mencukupi untuk menjaga agar tidak kelaparan sampai beberapa jam ke depan.

Kalaupun pilihan anda lebih pada makanan tradisional, bisa saja anda sajikan berupa nasi putih atau nasi merah, telur dibuat orak-arik (scrambled eggs) disertai irisan wortel dan tauge, ditambah segelas susu. Ini saja sudah memadai untuk memulai hari anda sebagai sarapan sehat. Terlalu repot? Well, anda bisa menyajikan roti diolesi selai kacang dan telur rebus serta segelas susu atau yogurt, bisa juga anda buat kentang panggang dengan olesan keju, sebutir telur rebus atau seiris salami dan segelas susu. Apapun yang menjadi pilihan anda, patokannya adalah harus selalu variasi dari karbohidrat, protein, sumber makanan rendah lemak dan susu. Kalaupun anda menghindari susu sapi, anda masih bisa memilih susu kedelai yang juga tak kalah menyehatkan, bukan.

Jika anda merasa bosan dengan pilihan menu tradisional yang hanya itu dan itu saja, boleh saja anda mencoba menyajikan pizza yang isiannya bisa anda variasikan agar lebih sehat. Canape juga bisa anda buat sendiri dengan pilihan aneka biskuit yang bisa diberi variasi isi dari irisan daging ayam dengan coleslaw, tuna salad atau kornet dan coleslaw.

Singkatnya, sarapan sehat tidak menyulitkan anda asalkan anda mau sedikit meluangkan waktu untuk itu. Bahkan jika tak cukup waktu untuk sarapan bersama di meja makan bersama keluarga, anda masih bisa menyimpan dalam wadah2 cantik untuk dimakan dalam mobil. Selain itu anda juga bisa membawakan tambahan bekal anak-anak, bukan.
Untuk pilihan roti croissant, donat, roti gandum sudah banyak tersedia di toko-toko roti. Tinggal anda variasikan sesuai selera anda dan keluarga. Nah, jangan tinggalkan rumah sebelum anda sarapan yang menyehatkan

Komentar

Posting populer

Tas Belanja dari Tali Rafia

Biaya Ibu Hamil Kira2 Berapa Ya?

MENGENAL PENYAKIT HERPES

Tas Belanja Tali Rafia bag I

7 Tips Untuk Mengurangi Kram Perut saat Haid